6 Kiat yang Harus Disiapkan untuk Memulai Usaha Kuliner

BPR DBL – 6 Kiat yang Harus Disiapkan untuk Memulai Usaha Kuliner. Ingin membuka usaha kuliner dan berhenti menjadi karyawan? Atau menjadikan bisnis kuliner sebagai bisnis sampingan untuk tambahan penghasilan?

Bisa saja kok. Bisnis kuliner merupakan salah satu bidang yang menjadi darling para pegiat bisnis baru. Banyak orang yang sudah sukses mengerjakan bisnis ini. Selain itu usaha kuliner tidak akan pernah ditinggalkan para pelanggan, karena pada dasarnya orang suka makan enak.

Tapi sebelum Anda memulai bisnis kuliner, baiknya Anda perhatikan enam hal penting ini:

Baca Juga: 3 Peluang Usaha Kekinian dengan Modal Minim

1. Lakukan Riset

Anda harus yakin betul kalau jenis bisnis yang dipilih dapat menghasilkan untung dan bisa berkembang. Untuk itu, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset dan mencari informasi terlebih dahulu.

Mulai dari jenis usaha kuliner apa yang ingin Anda lakukan, apakah katering, delivery, kafe, restoran, atau bahkan food truck. Lalu jenis makanan apa yang akan jadi spesialisasi Anda, apakah masakan Indonesia, Italia, atau justru menu spesifik seperti sop buntut, bakmi, taco, atau cake dan pastry.

Jika Anda sudah menentukan dua hal utama tersebut, kemudian hitung berapa jumlah modal yang Anda butuhkan, siapa saja kompetitor usaha tersebut yang sudah ada, bagaimana supply dan demand-nya, apakah ini sesuatu yang dicari banyak orang? Jangan lupa buat analisis SWOT untuk bisnis Anda, yaitu apa kelebihan usaha Anda dibanding yang lain, apa kekurangannya, apa saja ancaman dan tantangannya, dan apa kira-kira kesempatan yang bisa Anda manfaatkan.

2. Lokasi Strategis

Jika Anda berniat membuka rumah makan, lokasi tempat usaha sangat penting untuk mendorong kesuksesan usaha kuliner Anda. Jadi, pilihlah lokasi yang strategis dan dekat dengan keramaian. Tak harus di tempat-tempat populer yang tentu saja biaya sewanya setinggi langit. Cukup cari lokasi di dekat sekolah, pasar, mall, tempat wisata, atau perkantoran.

3. Lakukan Promosi

Percuma punya menu makanan enak kalau tak ada yang tahu dan tak ada yang datang ke tempat Anda atau memesan produk Anda. Jadi, langkah berikutnya yang sangat penting adalah promosi. Anda bisa memakai semua cara untuk memperkenalkan usaha Anda mulai dari iklan berbayar di media massa, hingga promosi melalui Facebook dan media sosial lainnya.

Anda juga bisa berpromosi dengan mengundang food bloggers dan memberikan sample kepada mereka secara cuma-cuma. Perkenalan itu penting. Kalau mereka suka, dijamin mereka akan mengabarkan kepada teman-teman yang lainnya.

4. Unik dan Beda

Pikirkan menu spesial apa yang akan membuat usaha kuliner Anda berbeda dengan yang lain. Ini akan membuat restoran Anda punya ciri khas khusus yang akan terus diingat para tamu.

Misalnya kalau Anda membuka restoran sop buntut sapi, untuk membedakan dengan ratusan tempat lain yang menyediakan sop buntut sapi, Anda bisa berkreasi dengan membuat atau sop tulang sumsum rasa keju. Kreasi yang unik dan lain dari yang lain inilah yang membuat bisnis Anda dibicarakan banyak orang.

5. Kualitas Makanan Tetap Nomor Satu

Meski banyak tempat makan dan jenis makanan yang mendadak booming hanya karena tren, yang membuat usaha kuliner panjang umur tetap adalah kualitas makanannya. Kualitas ini tak hanya soal rasa, tapi juga apakah kebersihan makanan sudah memenuhi standar. Pastikan semua staff di dapur Anda sudah mendapat pelatihan dan selalu mempraktikkan standar kebersihan di industri restoran, dari mulai cara pengolahan bahan makan, standar penyimpanan, hingga aturan cara mencuci tangan yang benar bagi pekerja kuliner.

6. Manajemen Keuangan

Bisnis apapun tak akan sukses jika tak ditunjang dengan sistem manajemen keuangan yang baik dan transparan. Kalau Anda tak memiliki sistem yang baik dalam mengelola modal, pemasukan, dan pengeluaran harian, bisa-bisa bisnis Anda tumbang dalam hitungan bulan.

Sebelum Anda membuka bisnis kuliner, pastikan Anda sudah tahu bagaimana cara mengelola keuangan bisnis baru Anda. Anda bisa belajar secara otodidak melalui buku atau website gratis, atau sewa penasihat keuangan kalau perlu.

Tertarik membuka usaha kuliner namun terkendala dengan modal? Ajukan Pinjaman Dana Tunai untuk modal usaha di BPR DBL aja!

Sumber : Qerja



Leave a Reply