4 Cara Berhemat Agar Bisa Menabung

BPR DBL – 4 Cara Berhemat Agar Bisa Menabung. Berhemat dan menabung rasanya sangat berat dilakukan. Apa lagi jika Anda tidak terbiasa dan baru mau rutin menabung baru-baru ini. Kebiasaanmu untuk belanja tanpa dianggarkan dan juga terbiasa untuk ‘membuang’ uang pada hal-hal yang tidak terlalu penting memang menjadi hambatan dan godaan.

Tapi, kalau tidak Anda lakukan sekarang juga, uang yang ada di dalam tabunganmu tak akan bertambah. Bahkan bisa juga habis karena terpakai olehmu. Meskipun menabung dan berhemat itu sulit, sebenarnya ada beberapa trik yang membuat Anda ‘terpaksa’ menabung dan menahan diri untuk tidak terlalu konsumtif.

Tentukan tujuanmu untuk menabung.

Tanpa ada tujuan, sebagian orang merasa sangat susah untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Karena itu, cobalah untuk menentukna tujuan. Misalnya, ingin berlibur ke Bali atau bahkan ke luar negeri. Tapi, tujuan ini harus kuat sehingga memiliki efek ‘memaksa’ bagi dirimu.

Perhatikan pergerakan keuangan setiap bulan.

Ingat, sebelum ini, mungkin Anda tak berpikir dua kali ketika mengeluarkan uang. Nah, kali ini Anda harus berhati-hati. Jangan sampai Anda menghabiskan uang lebih dari yang sudah Anda targetkan untuk satu bulan. Pokoknya, Anda harus perhatikan baik-baik pengeluaran dan juga uang yang masuk dalam sebulan. Kalau perlu Anda juga harus buat catatan keuangan sendiri.

Tantang dirimu sendiri.

Anda pasti pernah melihat orang-orang yang berhasil menguruskan badan hanya dalam satu bulan, kan? Kebanyakan dari mereka ikut challenge atau tantangan untuk melakukan olahraga dan diet gila-gilaan. Nah, untuk memotong pengeluaranmu, Anda juga bisa membuat challenge sendiri bersama keluargamu. Misalnya, tantang dirimu untuk tidak membeli apa pun sama sekali selama satu bulan, kecuali kebutuhan pokok seperti beras, telur, sayur, shampoo, dan lainnya. Tahan nafsumu untuk membeli baju, aksesoris, makan di restoran, dan sebagainya.

Tidak membeli makanan jadi.

Berhemat, bukan berarti Anda harus sengsara. Sama halnya dengan menahan diri untuk makan di kafe atau restoran. Dengan memasak makanan sendiri di rumah, otomatis pengeluaranmu bakal berkurang, lho! Mungkin Anda pikir bedanya sedikit. Tapi coba saja hitung. Bahan makanan mentah yang Anda olah sendiri jadi makanan pasti hasilnya lebih banyak dan lebih murah!

Itulah empat cara mudah agar Anda secara tidak langsung ‘terpaksa’ untuk berhemat. Dengan begitu, uang yang Anda keluarkan akan menjadi lebih sedikit. Otomatis, Anda jadi bisa menabung. (Menabung dengan bunga tinggi bisa dilakukan disini) Jangan lupa untuk selalu membuat dirimu semangat untuk berhemat. Tapi ingat, ya, jangan sampai penghematan ini malah meyiksa dirimu. Kebutuhan pokok seperti makanan bergizi dan juga kebutuhan dapur harus tetap terpenuhi. Tapi, kuantitasnya harus pas dan tidak berlebihan.

Leave a Response