Hari Batik Nasional: Batik adalah Wujud Spiritualitas Bangsa Indonesia

BPR DBL – Hari Batik Nasional: Batik adalah Wujud Spiritualitas Bangsa Indonesia. Tahukah Anda? Tanggal 2 Oktober menjadi tanggal sejarah bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, tanggal ini menandai keistimewaan batik Indonesia di mata dunia. Ya, sejak tahun 2009, badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi.

Sejak saat itu, tanggal 2 Okteber diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Di tanggal itu pula, setiap warga negara diimbau untuk menggunakan batik sebagai implementasi dari rasa cinta terhadap hasil budaya bangsa tersebut.

Dikutip dari laman resmi UNICEF, batik Indonesia disebut sebagai bagian hidup orang Indonesia. Batik dianggap menjadi bagian dari sejak kelahiran hingga akhir hayat orang di Indonesia. Hal ini mengingat dari proses kelahiran, pernikahan, kehamilan hingga kematian, batik hadir dalam aktivitas keseharian orang Indonesia.

Atas dasar inilah, batik pun disebut sebagai identitas budaya bangsa Indonesia. Warna dan desain simboliknya menjadikan batik sebagai manifestasi dari kreatifitas dan spiritulitas masyarakat Indonesia.

Mari kita terus lestarikan warisan budaya bangsa Indonesia ini. “Selamat Hari Batik Nasional”



Leave a Reply

×
Selamat Datang,
Dapatkan Promo DEPOSITO Berhadiah Smartphone! Bunga Tinggi 8,75% Dijamin LPS s/d 2 Milyar.
Chat dengan Kami Sekarang!