LPS: Suku Bunga Deposito Akan Turun Tipis

Era suku bunga rendah masih akan berlanjut hingga akhir tahun 2016, namun penurunan akan cenderung tipis. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat, rata-rata suku bunga deposito acuan bank turun lagi sebesar 8 basis points (bps) menjadi 6,41% per 4 Agustus 2016 dibandingkan posisi akhir Juni 2016 senilai 6,49%

Laporan Indikator Likuiditas oleh LPS yang terbit Agustus 2016 mencatat, penurunan bunga deposito terjadi pada batas atas dan batas bawah. Misalnya, rata-rata bunga maksimum turun 18 bps menjadi 7,29%, serta bunga minimum yang turun 3 bps ke level 5,48%. (Bunga Deposito 9,25% sesuai ketentuan LPS. Klik Promo Deposito Merdeka)

Penurunan suku bunga pasar yang terjadi sejak Februari 2016 terlihat lebih tajam. Penurunan bunga deposito ini didorong oleh perlambatan pertumbuhan ekonomi dan penurunan BI rate hingga empat kali di semester I-2016.

Selanjutnya, LPS memperkirakan, outlook tren penurunan bunga simpanan hingga akhir tahun 2016 tidak akan setajam di tujuh bulan pertama tahun ini. Pasalnya, makin terbatasnya ruang pelonggaran kebijakan moneter, serta pertumbuhan kredit yang mulai membaik.

Selain itu, keberadaan SBN ritel yang makin berlimpah di pasar menjadi kompetitor langsung bagi dana pihak ketiga (DPK) perbankan, sehingga berpotensi menahan penurunan suku bunga simpanan.

Sumber: kontan.co.id

Leave a Response