Trik Hemat Uang Saat Menganggur

Trik Hemat Uang Saat Menganggur – “Duuhhh…susahnya cari kerjaan” Mungkin kalimat itu banyak terucap bagi kalangan yang sampai saat ini belum bekerja meski telah melamar kesana kemari. Meski telah bekerja pun, masih dibayangi akan habisnya masa kontrak kerja. Dizaman yang serba kompetitif seperti saat ini, mendapatkan pekerjaan menjadi hal yang bisa dikatakan susah-susah gampang. Susah karena ketersediaan lapangan kerja dengan jumlah pencari kerja tidak sebanding. Sedangkan kebutuhan primer sehari-hari mestilah terpenuhi. Namun bagaimana akan terpenuhi kalau kondisinya menganggur? Jawabannya, berlaku hemat menjadi solusi sementara sebelum mendapatkan pekerjaan.

Nah, berikut ini kami ingin berbagi Trik Hemat Uang Saat Menganggur yang bisa anda terapkan seperti dilansir dari Liputan6.com pada Rabu (02/11).

Trik Hemat Uang Saat Menganggur:

  1. Hindari Kebiasaan Menguras Uang

Lupakan keinginan untuk membeli sepatu, laptop, atau TV baru yang Anda idamkan saat menjadi pengangguran. Hidup tanpa pekerjaan bukanlah waktu yang tepat bagi Anda untuk menghabiskan banyak uang. Hindari juga beberapa kebiasaan yang bisa menguras uang dengan cepat seperti merokok, jalan-jalan atau makan di restoran mewah.

  1. Gunakan Alat Transportasi Alternatif

Menggunakan transportasi publik bisa menjadi cara untuk menghemat pengeluaran bensin dan dan kendaraan. Ongkos yang diperlukan untuk naik kendaraan umum cukup terjangkau. Hal ini membuat Anda bisa menghemat uang lebih banyak.

  1. Makan di Rumah

Salah satu cara mudah untuk menghemat uang adalah dengan makan di rumah. Dibanding harus makan di restoran dan mengeluarkan uang lebih banyak, Anda bisa memasak sendiri makanan yang disuka. Anda bisa mulai berbelanja bahan makanan di pasar tradisional seperti beras, daging ayam, sayuran, buah, dan bumbu dapur untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

  1. Hemat Saat Belanja Kebutuhan

Saat harus belanja kebutuhan di supermarket, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan membeli barang dalam jumlah lebih banyak. Anda juga bisa memanfaatkan kupon untuk mendapat potongan harga.

  1. Menjadi Pekerja Lepas

Anda bisa menambah pundi-pundi keuangan dengan menjadi seorang pekerja lepas. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus terikat kontrak dan terkekang waktu. Anda juga bisa memanfaatkan keahlian yang dimiliki untuk menawarkan jasa di bidang tertentu.

  1. Buat Rencana Pengeluaran

Akan lebih mudah mengontrol keuangan yang ada apabila Anda memiliki rencana pengeluaran yang baik. Dalam rencana pengeluaran tersebut, hindari untuk membelanjakan uang Anda di beberapa kebutuhan yang tidak perlu. Jangan lupa untuk membuat rencana pengeluaran serealistis mungkin.

  1. Hindari Penggunaa Kartu Kredit

Jangan pernah mencoba untuk menambah hutang saat Anda berstatus sebagai pengangguran. Kalau sudah bekerja bolehlah berhutang asal tidak melampaui pendapatan.

(Pinjaman Uang Cash bisa anda peroleh di BPR DBL. Info lebih lanjut Klik Kredit Multi Guna)

Untuk itu, hindarilah penggunaan kartu kredit saat melakukan pembayaran. Uang tunai yang terbatas membantu Anda untuk tidak boros atau mengeluarkan dana lebih besar daripada kebutuhan.

Leave a Response