UMKM Harus Segera Bangkit

BPR DBL – Memasuki bulan ke empat di tahun 2020, iklim bisnis tanah air sedang lesu, pasalnya pandemi COVID-19 yang sedang merebak membuat aktivitas usaha mengendur. Sejumlah sektor usaha yang terkena dampak ini adalah industri manufaktur, industri retail, wisata, perhotelan, penerbangan, dan lainnya. Bahkan, Sri Mulyani mengatakan bahwa dampak ekonomi yang berasal dari pandemi Virus COVID-19 lebih kompleks dibandingkan krisis yang pernah menimpa Indonesia pada tahun 1997-1998 dan 2008-2009 seperti dilansir dari detik.com.

Cara kita menyiasati keadaan ekonomi seperti ini kita harus lebih kreatif dalam menjalankan UMKM

Kebijakan pemerintah terkait work from home (WFH) atau bekerja dari rumah menjadi angin segar, salah satunya bagi UMKM yang bergerak di sektor kuliner. “Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah pangan. Kebijakan ini menjadi potensi bagi pelaku usaha kuliner untuk membuka dan terus mempertahankan aktivitas penjualan pada masa ini. Tentunya kolaborasi dengan layanan transportasi online dam memaksimalkan pemasaran melalui digital,

Tidak hanya kuliner, membuka bisnis dengan berjualan minuman herbal juga bisa menambah penghasilan di tengah pandemi korona. Anda pun bisa memanfaatkan empon-empon sebagai nilai tambah berbisnis dari rumah.

Meski di dalam rumah, kita masih bisa produktif dengan melakukan usaha mandiri, seperti memanfaatkan hasil alam yang bisa menjadi pundi-pundi penghasilan.

Tags:

Leave a Response