5 Tips Mengatur Uang untuk Mahasiswa Agar Bisa Menabung

BPR DBL – 5 Tips Mengatur Uang untuk Mahasiswa Agar Bisa Menabung. Mengatur uang dengan bijak menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan demi masa depan yang lebih baik.

Meski terlihat sepele, masih banyak orang belum bisa mengatur keuangan dengan baik, sehingga berujung pada tumpukan utang yang membuat hidupnya susah dalam jangka panjang.

Salah satu faktor utamanya adalah, gaya hidup yang secara gak sadar membuat kantong jebol. Bahkan, tak sedikit orang yang rela utang sana-sini hanya demi memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka.

Meski menyenangkan, kalau dipikir-pikir lagi hal itu hanya kesenangan sementara yang berujung pada kesengsaraan tak berkesudahan.

Karena itu, sebelum nyemplung lebih jauh lagi yang bisa membuat masa depan suram, Anda disarankan untuk mulai mengatur keuangan sejak dini.

Tak heran kalau sejak kecil orangtua sudah mengenalkan Anda dengan celengan. Selain untuk menabung, Anda juga diajarkan dapat mengatur uang jajan agar bisa disisihkan di celengan.

“Mulailah menabung dan investasi sedini mungkin. Jangan pernah menundanya,” begitu yang seperti diungkapkan miliarder Tony Robbins.

Karena itu, kali ini MoneySmart ingin memberikan cara cerdas atur uang yang tepat buat Anda anak kuliahan. Meski belum memiliki penghasilan sendiri dan hanya mengandalkan uang saku dari orangtua, bukan berarti Anda gak bisa menabung dan berinvestasi ya!

Lalu, bagaimana caranya? Yuk, langsung simak pemaparannya di sini:

1. Buat pos-pos anggaran

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah, melakukan pos-pos anggaran saat mendapatkan uang saku di awal bulan.

Karena masih kuliah, untuk keperluan bulanan seperti sabun, sampo dan keperluan make up biasanya masih ditanggung sama orangtua. Nah, Anda bisa membagi-bagi uang sakunya untuk ongkos, makan, fotokopi dan keperluan lainnya.

Gimana kalau uang jajannya diberikan setiap hari, bukan bulanan atau mingguan? Tenang, bisa kok!

Anda tetap harus membaginya untuk ongkos dan makan juga. Sisanya, bisa Anda masukkan celengan. Ya, kembali ke masa-masa kecil lagi.

2. Hemat ongkos dan makan

Agar punya uang lebih, Anda harus bisa menghemat sendiri untuk ongkos dan makan. Bagaimana solusinya?

Kalau selama ini Anda mengeluarkan uang Rp 25 ribu setiap hari buat ongkos naik ojek online dan Rp 25 ribu untuk makan dan jajan, agar uangmu masih tersisa, salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengurangi pengeluaran untuk dua hal tersebut.

Anda bisa menggunakan angkutan umum, gak masalah sedikit jalan kaki keluar komplek rumah. Ya, itung-itung olahraga.

Yang bisanya keluar uang Rp 25 ribu untuk ongkos, sekarang bisa lebih hemat, jadi Rp 10 ribu. Lumayan kan ada sisanya Rp 15 ribu.

Begitu juga untuk makan, Anda bisa menyantap makanan di warung tegal alias warteg dengan mengeluarkan Rp 15 ribu. Itu membuat Anda mendapat sisa uang lagi Rp 10 ribu.

Dengan melakukan penghematan itu, Anda bisa mendapat uang sebesar Rp 25 ribu setiap hari.

Kalau dimasukkan ke dalam celengan, dalam sebulan Anda bisa mendapatkan uang sekitar Rp 25 ribu x 22 hari yaitu Rp 550 ribu. Lumayan banget nih buat di tabung dan investasi di BPR DBL dengan bunga tinggi 6% untuk Tabungan Bestari dan 4% untuk TabunganKu.

3. Hindari membeli sesuatu yang spontan

Membeli sesuatu secara spontan yang dimaksud di sini adalah, Anda mengeluarkan uang untuk membeli jajanan di depan kampus, nongkrong, dan belanja di mal.

Sebenarnya sih gak ada salahnya jika dilakukan sesekali. Kalau dalam seminggu tiga sampai empat kali nongkrong di mal atau beli jajanan di depan kampus setiap hari, yang ada uang sakumu bakal habis, dan ujung-ujungnya minta lagi sama orangtua.

Sebaiknya kurangi kegiatan tak berfaedah seperti itu. Gak masalah menahan diri tidak ikutan teman demi masa depan yang lebih baik.

4. Akali membeli buku kuliah

Di awal semester, Anda biasanya akan mengeluarkan uang cukup besar untuk membeli buku. Nah, Anda bisa menyiasatinya dengan meminjam buku teman lalu di fotokopi atau Anda juga bisa membeli buku bekas.

Dengan begitu, percaya atau gak, Anda bisa menghemat bujet beberapa puluh ribu rupiah untuk satu buku. Lumayan banget, kan?

Lagipula, gak perlu buku baru, yang bekas pun tak masalah. Yang penting kan isi dari buku itu. Setuju?

5. Manfaatkan kartu mahasiswa

Trik terakhir adalah, memanfaatkan kartu mahasiswa. Di beberapa restoran atau tempat belanja kerap memberikan penawaran potongan harga untuk mahasiswa.

Karena itu, gak perlu sungkan memanfaatkan kartu mahasiswa milikmu. Lumayan kan kalau bisa dapat potongan 10 hingga 15 persen.

Itu dia 5 Tips Mengatur Uang untuk Mahasiswa Agar Bisa Menabung. Yuk, terapkan dari sekarang biar di masa tua nanti dapat hidup nyaman dan bebas utang!

Gambar: journal.sociolla.com

Leave a Response