Gaji Rp 3 Juta Mau Cicil Rumah? Ini Caranya!

Mempunyai rumah memang menjadi impian setiap orang. Banyak orang yang berusaha untuk memiliki rumah sendiri, walaupun harus utang di bank dengan cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Butuh proses dalam mengajukan KPR, seperti pengajuan kredit bank dan data bersih dari cicilan ataupun tunggakan. Tak hanya itu, bank-bank juga harus melihat track record serta penghasilan yang didapat. Namun, bagaimana untuk penghasilan atau gaji Rp 3 juta per bulan? Hal itu kini bukan lagi masalah. Memiliki gaji kecil tentu bukanlah halangan untuk memiliki rumah idaman.

Berikut 5 cara memiliki rumah dengan gaji Rp 3 juta per bulan sebagaimana dikutip dari Merdeka.com:

Menabung

Jangan pernah sepelekan hal yang satu ini karena nantinya pembayaran KPR akan membutuhkan DP dan cicilannya memakan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, sebaiknya mulailah menabung sebelum memutuskan untuk mengambil KPR. Sebagai simulasi, cobalah menabung minimal 20 persen dari besaran gaji per bulan. Jika gaji Rp 3 juta, maka menabunglah minimal Rp 600.000 per bulan. Apabila berhasil, maka Anda sudah siap mengajukan KPR.

Cari rumah dengan harga murah

Langkah selanjutnya, Anda harus mencari dan menentukan harga rumah yang akan dicicil. Hal ini menjadi sangat penting, karena Anda nantinya bisa menyesuaikan penghasilan/gaji dengan angka kredit setiap bulannya. Apabila sudah tahu harganya, hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengambil jangka waktu kredit yang panjang. Semakin lama jangka waktu yang dipilih, tentu akan semakin kecil cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Namun, ini juga tergantung dari harga rumah yang dipilih.

Pilih KPR dengan bunga ringan

Nah, langkah selanjutnya adalah menentukan bank mana yang menawarkan besaran bunga terendah. Di sini dibutuhkan kecermatan untuk mendapatkan bunga KPR kecil agar cicilannya tidak memberatkan Anda. Apabila merasa bingung, Anda bisa mengecek Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) Bank yang biasanya tertera di situs resmi Bank Indonesia.

Siapkan uang muka

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda harus menyiapkan uang untuk membayar DP rumah. Ini memang menjadi syarat utama ketika Anda memutuskan untuk mengajukan KPR. Besaran DP pun biasanya ditentukan oleh bank berdasarkan harga rumah. Alangkah baiknya apabila Anda telah menyiapkan uang dalam jumlah cukup besar untuk dijadikan sebagai uang muka. Dengan demikian, Anda telah menyatakan diri membeli rumah tersebut

Pastikan kemampuan cicilan

Tentunya yang satu ini sangat berkaitan dengan kemampuan Anda dalam membayar cicilan KPR per bulan. Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar daripada pemasukan. Misalnya, Anda memiliki pendapatan Rp 3 juta dan harus membayar cicilan KPR sebesar Rp 2,5 juta per bulan. Hal ini jangan sampai terjadi, maka sebaiknya lakukan perhitungan terlebih dahulu sebelum memilih KPR dan menentukan jangka waktu cicilan.

Itulah beberapa tips yang perlu anda perhitungkan ketika ingin mempunyai rumah dengan gaji 3 Juta. Bagi anda yang berada di wilayah Jabodetabek, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa anda lakukan di PT BPR Danaberkah Lestari atau BPR DBL. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di BPR DBL mempunyai beberapa keunggulan, seperti Lokasi dan tipe rumah sesuai pilihan anda, Bunga bersaing dan fleksibel, Persyaratan mudah, Proses cepat dan Pelayanan yang memuaskan (antar jemput dokumen dan pembayaran angsuran). Ayo miliki rumah impian anda bersama BPR DBL. info lebih lanjut klik disini.

Leave a Response