Gunakan Kapal, OJK Adakan Edukasi Literasi Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya literasi dan edukasi keuangan kepada masyarakat. Setelah sebelumnya meluncurkan mobil literasi keuangan atau SiMOLEK, OJK kini juga menggunakan kapal untuk melakukan edukasi.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Soetiono menyatakan, SiMOLEK telah beroperasi di seluruh Indonesia. Akan tetapi, OJK pun merasa perlu untuk menjangkau masyarakat di kepulauan dan daerah-daerah terluar.

“Kalau SiMOLEK sudah beroperasi dari Sabang sampai Merauke. Akan tetapi, masyarakat di pulau-pulau banyak yang belum terjangkau,” ujar Kusumaningtuti seperti dikutip dari kompas.com pada Rabu (18/5/2016).

Oleh sebab itu, regulator menggunakan sarana berupa kapal-kapal untuk mengedukasi masyarakat di pulau-pulau di seluruh Indonesia. Untuk tahap pertama, edukasi literasi keuangan telah dilakukan di Kepulauan Seribu dan Tarakan.

“Edukasi dengan menggunakan kapal sudah kita lakukan di Kepulauan Seribu dan Tarakan. Ini daerah kepulauan dan terluar,” jelas Kusumaningtuti.

Meskipun demikian, ia mengaku OJK belum memiliki kapal-kapal sendiri untuk mengedukasi masyarakat di daerah kepulauan. Oleh karenanya, OJK bekerjasama dengan operator kapal, misalnya PT Pelni (Persero). “OJK kan tidak memiliki kapal sendiri. Makanya kita kerjasama dengan berbagai pihak, misalnya Pelni,” ungkapnya.

Sejalan dengan OJK, PT.BPR Danaberkah Lestari (BPR DBL) selaku lembaga keuangan perbankan turut serta mengedukasi masyarakat terkait literasi keuangan. Sejauh ini BPR DBL telah melakukan edukasi literasi keuangan diwilayah operasinya, yaitu Jabodetabek. Seperti kepada masyarakat Kel. Benda Baru Kec. Pamulang, Tangerang Selatan dan Kel. Limo Kec. Limo Kota Depok. Selain kepada masyarakat secara langsung, BPR DBL juga mengadakan literasi keuangan di sekolah-sekolah. Seperti di SMAN 13 Depok, SMA Budi Utomo, SMA Islam Darussalam, SMK Ganesa Satria 1&2, SMK YAPPA Depok dan SMK Purnama.

BPR DBL yang berkantor pusat di Jl. Proklamasi Raya Blok D No. 10 Depok Timur ini menjadi solusi kebutuhan dana anda. Dengan jaminan BPKB/SHM/ anda akan mendapatkan pinjaman dana mulai 5 Juta hingga 1 Miliar sesuai kebutuhan. Apalagi saat ini BPR DBL tengah ada promo. Dengan melakukan pinjaman minimal 100 Juta, smartphone gratis dapat anda bawa pulang tanpa diundi. Jadi tunggu apalagi, butuh pinjaman? Hubungi BPR DBL! info lebih lanjut klik disini.

Leave a Response