Literasi Keuangan BPR DBL di SMA Islam Darussalam Depok

Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman akan masalah keuangan, BPR DBL terus mensosialisasikan edukasi keuangan kepada masyarakat sesuai intruksi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satunya terselenggara atas kerja sama BPR DBL dengan SMA Islam Darussalam Depok pada Jum’at (15/04/16). Seperti apa kegiatannya?Berikut liputannya.

Media BPR DBL. Jum’at pagi (15/04/16) cuaca Depok kurang bersahabat, lantaran sejak dini hari telah diguyur hujan. Namun hal itu tak mematahkan semangat tim dari BPR DBL untuk menyelenggarakan Edukasi Keungan di SMA Islam Darussalam, Depok. Sesuai agenda, kegiatan dijadwalkan mulai pada 08:30 WIB. Kegiatan yang bertemakan “Edukasi Untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Kepada Konsumen, Masyarakat dan Pelajar” ini dihadiri oleh puluhan siswa dari perwakilan kelas SMA Islam Darussalam.

Tiba pada pukul 08:00, Tim BPR DBL disambut hangat oleh guru-guru SMA Islam Darussalam. Tak lama berselang, Tim pun memepersiapkan diri untuk kegiatan. Tepat  pukul 08:30 kegiatan pun dimulai. Sebagai pembuka, perwakilan sekolah pun memberikan sambutannya. Dalam hal ini disampaikan oleh Ahmad Afif selaku Pembina OSIS SMA Islam Darussalam. Dalam sambutannya, ia menyampaikan terimakasih kepada BPR DBL atas kunjungannya untuk berbagi ilmu dan informasi kepada siswa-siswinya.

“Kami menyambut baik atas kedatangan BPR DBL ke sekolah kami untuk mengadakan edukasi keuangan. Mudah-mudahan kedepannya membawa manfaat bagi siswa-siswi kami. Terima kasih atas informasi dan ilmu yang diberikan. Semoga kedepan bisa terjalin kerjasama lagi,” ungkap Ahmad Afif yang biasa disapa Pa Haji ini menjelaskan.

Selanjutnya acarapun dilangsungkan dengan penyampaian materi oleh Totok R. Wibowo selaku HRD Manager PT. BPR Danaberkah Lestari (BPR DBL). Dalam pemaparannya ia menjelaskan tentang Pengertian BPR, Sejarah, Dasar Hukum Pendirian, Fungsi dan Jenis layanan yang diberikan BPR DBL, seperti Deposito, Tabungan dan Kredit.

Tampak para siswa dan siswi antusias mendengarkan dan mencermati setiap materi yang disampaikan. Sejam berlalu, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Terlihat pertanyaan kritis siswa-siswi yang dilontarkan. Penanya pun gembira, pasalnya setiap penanya berhak mendapatkan Gelas Mug sebagai kenang-kenangan.

Pada ahkhir acara kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama. Para siswa mengaku banyak mendapat wawasan baru mengenai keuangan lewat kegiatan edukasi ini. Seperti diungkapkan Arsya, salah satu siswi kelas 11 IPS.

“Melalui kegiatan ini kita lebih paham bagaimana menyikapi uang untuk masa depan yang lebih baik,” ujar Arsya yang  bercita-cita menjadi pengusaha ini menjelaskan. (Mi’roji)

Galeri:

Leave a Response