Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bentuk Tabungan Pos

Seperti dikutip dari laman Metrotvnews.com, Kamis (10/03/16), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana membentuk Tabungan Pos bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero). Nantinya, Tabungan Pos yang akan diluncurkan tahun ini dapat mengelola dana masyarakat untuk kemudian dibelikan obligasi.

“Pada 2016 ini kami bersama pemerintah akan melahirkan Tabungan Pos. Uang simpanan publik hanya bisa digunakan untuk membeli obligasi pemerintah, sehingga bisa menopang kebijakan fiskal,” kata Kepala Eksekutif Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani, di Hotel Double Tree, Jalan Pengangsaan Timur, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2016).

Dirinya menambahkan, dengan potensi yang mencapai ratusan juta, dana dalam Tabungan Pos akan membantu pemerintah dalam menutup defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Apalagi model penghimpunan dana melalui Kantor Pos telah diterapkan di Jepang dan mampu menghimpun dana mencapai 20 persen dari total tabungan di bank.

“Kami melihat uang beredar di masyarakat masih banyak, bahkan banyak juga yang di desa, jumlahnya bisa ratusan triliun rupiah. Apalagi jumlah Kantor Pos yang tersebar hingga tingkat kecamatan mencapai 4.000 unit. Selama ini, dana-dana jangka pendek yang ditarik di pasar selalu menggangu ekonomi kita,” jelas dia.

Namun sebelum mengeluarkan tabungan Pos, OJK akan meminta pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah (PP) tentang Bidang Usaha PT Pos Indonesia. Selain itu, OJK juga akan menerbitkan Peraturan OJK (POJK) terkait produk keuangan di Tabungan Pos.

“Penerbitan Tabungan Pos ini akan bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Negara BUMN. Nanti, produk keuangannya yang nanti akan kami awasi,” pungkas dia.

Dengan adanya Tabungan Pos ini, menjadi lebih banyak pilihan untuk masyarakat menabungkan uangnya. Satu diantaranya adalah menabung di PT. BPR Danaberkah Lestari/BPR DBL yang mempunyai suku bunga 4 % untuk Tabunganku dan 8 % untuk tabungan Bestari. Selain menjadi sarana untuk menabung, BPR DBL juga melayani deposito dengan bunga 10,00 % dan dijamin LPS. Ayo menabung dan deposito di BPR DBL. Ada hadiah menarik loh..! info lebih lanjut klik disini.

Leave a Response