Perbarindo Gelar Rakernas di Kalbar

Persatuan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) se-Indonesia kini akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, tepatnya 25-28 Oktober 2016. Seperti dilansir pontianak.tribunnews.com, Ketua Perbarindo Kalbar, Meidi Widianto mengungkapakan kegembiraannya atas perhelatan tersebut di wilayahnya.

“Ini merupakan kehormatan bagi kita di Kalbar. Karena selama ini penyelenggaraan selalu di Jawa atau Sumatera,” kata Meidi.

Dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 300 peserta tersebut, juga akan digelar Seminar Nasional dengan tema “Industri BPR-BPRS Sebagai Pilar Ekonomi Daerah Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat”.

Menurutnya ini merupakan pertama kalinya Pontianak menjadi tuan rumah sekaligus pertama kalinya Rakernas Perbarindo di Kalimantan, tepatnya di Hotel Golden Tulip Pontianak.

Ia menambahkan, BPR harus mampu bersaing dengan Lembaga Keuangan lainnya.

“Sudah sepatutnya BPR dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada UMKM, BPR harus mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya, sehingga dapat bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Ini juga yang mendasari perlu adanya rakernas yang dirangkai dalam kegiatan seminar,” jelasnya.

Meidi menyebutkan, lewat kegiatan rakernas yang dirangkai dengan seminar dan expo ini, berharap BPR kedepan makin dikenal oleh masyarakat luas.

“Masyarakat masih memandang BPR cuma menyalurkan kredit, padahal kami juga seperti bank umum lainnya. Yang punya produk tabungan juga. Bedanya kami tidak menerima simpanan dalam giro, tidak melakukan kliring,” ungkpanya. (Tabungan dan Deposito bunga tinggi, Klik Deposito Depok)

Hadir sebagai pembicara seminar, Sri Adiningsih selaku Ekonom UGM, Andreas Eddy Susetyo dari Komisi XI DPR RI, Eko B Supriyanto Pengamat Perbankan, dan Nelson Tampubolon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuanga (OJK).

“Kita undang juga Komisi XI karena ini juga mengawal RUU Perbankan yang tengah digodok. Kita ingin BPR juga jadi perhatian sehingga BPR bisa makin berkembang,” ujar Ketua DPP Perbarindo Joko Suyanto.

Sumber: pontianak.tribunnews.com

Leave a Response