Persiapan Ramadhan, BI Sebar Rp160 Triliun Uang Tunai

Mengutip laman okezone.com pada Kamis (02/06/2016), Bank Indonesia (BI) mengaku telah menyiapkan uang tunai lebih tinggi dari tahun lalu. Setidaknya, untuk persiapan Ramadan dan Lebaran, BI sudah menyiapkan uang tunai sebanyak Rp160 triliun.

Tidak hanya jumlah uang tunai yang diperbanyak, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan, BI juga akan menambah mobil penukaran uang di lapangan Monas.

“Khusus Jakarta kita siapkan lebih banyak lagi mobil-mobil penukaran di Lapangan Monas,” kata Tirta di Gedung BI, Rabu (1/6/2016).

Tirta melanjutkan, kalau tahun lalu BI hanya bekerja sama dengan 13 bank, tahun ini rencananya akan ditambah menjadi 20 bank. Bukan hanya jumlah mobil penukaran, Tirta juga mengatakan BI akan memperluas titik operasi ke 200 lokasi.

“Tahun ini rencananya bekerja sama dengan 20 bank jadi lebih banyak. Titik-titik operasinya juga kita tingkatkan. Tahun lalu ada 80 titik. Tahun ini rencananya sampai 200 titik,” tambahnya.

Untuk diketahui, dari Rp160 triliun, 28 persen akan disebar ke wilayah DKI Jakarta dan 33 persen diedarkan ke wilayah Pulau Jawa. Sementara Sumatera hanya 20 persen, Kalimantan 7 persen dan sisanya di wilayah Indonesia Timur.

“BI sudah siapkan dan sudah didistribusikan ke seluruh kantor wilayah yang biasa juga menangani penarikan-penarikan uang,” pungkasnya.

Sudah menjadi maklum, semua stakeholder beramai-ramai mempersiapkan tradisi tahunan ramadhan ini. Seperti yang dilakukan BI diatas, dalam kaitannya uang tunai yang banyak dibutuhkan masyarakat ketika ramadhan dan lebaran tiba. Begitupun dengan masyarakat, kebutuhan yang meningkat ketika ramadhan tentu harus menjadi perhatian serius, khususnya manajemen keuangan dalam rumah tangga. Karena setiap tahun dialami, tentu perencanaan keuangan dibulan ramadhan perlu dilakukan. Salah satunya dengan cara menabung. Untuk anda yang berada diwilayah Jabodetabek, menabunglah di BPR DBL untuk persiapan ramadhan anda.

BPR DBL merupakan lembaga keuangan perbankan yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Ada beberapa keunggulan mengapa anda menabung di BPR DBL, seperti: Biaya administrasi bulanan hanya Rp 1.000, Setoran awal pembukaan rekening minimum Rp 10.000, Suku bunga 8% pa dan masih banyak lagi keunggulan lainnya. Selain tabungan, kredit multiguna dan deposito BPR DBL juga bisa anda nikmati keuntungan dan manfaatnya. Info lebih lanjut klik disini.

Leave a Response