Rozali, Saudagar Kambing Asal Betawi, Omset Ratusan Juta Perbulan

Dalam usia yang lebih dari separuh abad, Rozali seorang saudagar kambing asal Betawi bisa dikatakan sukses dalam usaha yang digelutinya. Telah puluhan tahun, pria kelahiran 1957 ini berjualan kambing, tepatnya sejak tahun 1985 hingga sekarang. Dalam rentang waktu 30 tahunan tersebut, Rozali tak sedikitpun beralih profesi. Dalam pandangannya, usaha harus dijalankan dengan tekun dan penuh kesabaran. Meski pastinya tak melulu suka yang ia dapat, bahkan duka lantaran merugi, namun ia tetap melakoni usahanya tersebut. Seperti yang dialami pada tahun 1998, pada saat itu krisis ekonomi melanda Indonesia. Usaha kambing Rozali pun kena imbasnya, bahkan ia harus rela mobilnya terjual untuk menutupi kerugian. Namun demikian, Rozali tetap sabar atas musibah yang dialami dan terus melanjutkan usahanya. Berkat ketekunan dan kesabaran, usahanya tetap berjalan hingga sekarang dengan omset ratusan juta dalam sebulan.

kandang kambing

Tak kurang dari 20-30 ekor ia menjual kambing dalam tiap harinya. Harga perkor kambing bervariasi, mulai dari Rp. 300.000 untuk kambing guling anakan dan Rp. 1.000.000-1.700.000 untuk kambing yang sudah dewasa. Bahkan di moment tahunan sepeti Idul Adha, ia berhasil menjual  empat ratusan lebih ekor kambing dan seratusan ekor sapi. Tentu bisa dibayangkan berapa pendapatan Bapak tiga anak ini.

“Kalo pas musim Haji lumayan tuh. Jadi enggak hanya kambing yang saya jual, sapi juga,” ujar Rozali kepada Media BPR DBL di kediamannya Kel. Cipayung, Ciputat-Tangerang Selatan.

Pelangggan Rozali pun bermacam-macam, mulai dari pedagang daging pasar, sate, catering sampai aqikahan dan hajatan dengan area Jabodetabek. Untuk memperoleh stok kambing, setiap lima hari sekali tepatnya hari Pon ia berbelanja ke Jawa, seperti Solo dan Wonogiri. Seratusan ekor lebih ia beli dalam sekali belanja.

“Syukur Alhamdulillah, Allah kasih kesehatan dan kelancaran dalam usaha ini,” ucap Rozali.

jual kambing

Dalam menjalankan usahanya ia dibantu dengan beberapa karyawan. Dan terkait tips usaha, ia menekankan betapa pentingnya mempertahankan pelanggan. Menurutnya, usaha akan tetap berjalan jika pelanggannya terus bertahan kepadanya. Dan ia pun berterima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam memajukan usaha kambing miliknya. Termasuk satu diantaranya kepada PT. BPR Danaberkah Lestari (BPR DBL) selaku Lembaga Keuangan Perbankan yang turut membantu dalam hal permodalan.

“Saya ucapakan terima kasih kepada BPR DBL yang telah membantu untuk Modal Pengembangan Usaha, semoga kedepan BPR DBL semakin sukses agar banyak masyarakat yang terbantu,” pungkas Rozali menuturkan.

Rozali menambahkan, ia tertarik pinjam ke BPR DBL dengan alasan bunga yang terbilang ringan dibanding tempat lain.

“Saya lihat bunganya lebih ringan dan pelayanannya juga bagus,” kata Rozali.

Ditanya mengenai rencana kedepan, Rozali mengatakan terserah pada Allah mau kasih seperti apa. Ia hanya menjalankan sebaik mungkin usahanya.

“Ngikutin aja lah apa kehendak Tuhan. Sekarang juga kalo saking banyaknya permintaan sampai enggak saya layanin,” ujar Rozali menutup pembicaraan.

Demikianlah sekelumit cerita mengenai salah satu nasabah BPR DBL yang usahanya berkembang berkat tambahan modal dari BPR DBL. Bagaimana dengan  anda, mau kan usahanya tambah maju? BPR DBL siap membantu permodalan usaha anda. Pinjaman mulai 5 Juta hingga 1 Miliar dengan jaminan BPKB/SHM. Mau? Klik Kredit Usaha Mandiri.

Leave a Response