Saat Muda, Jenis Tabungan ini Wajib Dimiliki

Dikala muda dan menghasilkan pendapatan sendiri, tentu banyak sekali keinginan yang ingin dicapai. Seperti menghabiskan waktu libur dengan bersenang-senang dan berbelanja. Selama tidak memaksakan diri dan tidak membuat orang lain kesulitan, tentu hal tersebut sah-sah saja untuk  dilakukan. Namun tidak ada salahnya, jika selagi muda kita telah berpikir untuk menyimpan sebagian penghasilan untuk masa depan nanti. Karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok.

Menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung, tentu banyak keuntungannya. Selain dapat menghadapi keperluan yang bersifat mendadak, menabung juga melatih mendisiplinkan diri terhadap uang yang dimiliki, sehingga nantinya akan terbiasa dalam membuat perencanaan keuangan yang matang dan mampu mengelola uang dengan baik.

Apa sajakah Tabungan yang harus dimiliki saat muda? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari republika.co.id pada Selasa (11/10):

Tabungan untuk keperluan yang bersifat mendesak

Kecuali Anda seorang pegawai negeri yang segala kebutuhanya dijamin oleh negara, tentunya tabungan jenis ini wajib dimiliki. Tabungan ini sangat membantu sekali apabila ada peristiwa yang terjadi diluar perkiraan, seperti misalnya ketika sakit keras atau berhenti dari pekerjaan yang sebelumnya dan membutuhkan uang untuk hidup selama beberapa bulan.

Untuk yang sudah bekerja, usahakan sisihkan dari penghasilan anda setidaknya 30 persen setiap bulannya dan buat rekening tersendiri. Satu lagi, untuk rekening tabungan darurat ini Anda tidak perlu membuat ATM karena hal ini hanya akan membuat Anda tergoda untuk memakai uang tersebut.

Simpanan uang untuk liburan

Bagi seorang pekerja yang selalu dituntut untuk  memiliki performa yang maksimal dalam setiap pekerjaan yang dilakukan, tentunya dapat memicu stres yang tinggi. Apalagi pekerjaan tersebut dilakukan rutin setiap hari yang membuat kepala serasa ingin meledak saja.

Untuk itulah, sedikit liburan dan rekreasi sangat penting untuk menyegarkan kembali kepenatan setelah bekerja selama sebulan penuh. Anda boleh menyisakan sebagian penghasilan Anda untuk kegiatan seperti ini dan sebaiknya juga membuat perencanaan yang matang kemana akan berlibur dan berapa biaya yang harus disisihkan setiap bulannya untuk berlibur ke tempat-tempat impian.

Buat asuransi kesehatan sendiri

Biasanya beberapa perusahaan sudah memberikan fasilitas asuransi kesehatan dan keselamatan kerja untuk karyawanya. Namun tidak ada salahnya membuat asuransi sendiri sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun mungkin agak berat untuk membayar premi bulanan dari asuransi tersebut tapi pasti akan merasakan manfaatnya kelak.

Tabungan untuk kredit rumah

Meskipun Anda seorang lajang profesional yang belum memiliki pasangan, tidak ada salahnya untuk menganggarkan penghasilan untuk membeli rumah. Tidak perlu rumah mewah besar nan mentereng. Rumah sederhana dengan cicilan KPR juga bisa dijadikan alternatif bagi Anda kaum muda yang ingin memiliki rumah sendiri. Dengan cicilan KPR Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta, tentunya Anda bisa membuat gambaran berapa uang yang harus Anda sisihkan setiap bulannya untuk membeli rumah tersebut.

Taspen atau tabungan simpanan pensiun

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagi Anda yang bekerja sebagai PNS tentunya tidak perlu pusing-pusing untuk memikirkan hal tersebut, karena tentunya semua kebutuhan hidup Anda sudah dijamin oleh negara, termasuk dalam dana pensiun. Bagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan swasta tentunya tidak ada jaminan akan bekerja selamanya di perusahaan tersebut. Untuk itulah diperlukan anggaran khusus persiapan hari tua yang bisa dilakukan di beberapa bank yang memiliki produk keuangan tabungan hari tua dan sejenisnya.

Itulah beberapa macam tabungan yang bisa Anda sisihkan. Memang kegiatan menghambur-hamburkan uang itu sangatlah mudah dan menyenangkan ketika dilakukan. Namun Anda tidak akan merasakan efek negatif dari apa yang Anda lakukan tersebut, sampai ketika bertemu dengan suatu masalah yang menuntut pengeluaran uang dengan jumlah yang besar. Menabung bisa anda lakukan di Tabungan BPR dengan suku bunga 8%. Info lebih lanjut, Klik Tabungan Bestari.

Sumber: republika.co.id

Leave a Response