BI Segera Terapkan Deposito Uang Koin

Bank Indonesia kini berencana menerapkan mesin deposito uang koin di perbankan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang ingin menabung dalam bentuk uang tersebut.

“Nanti mesinnya kayak ATM, tapi ini untuk koin, dan mesin itu bisa memilah mana yang seribu dan seratus. Jadi masyarakat lebih mudah lagi,” kata Asral Mashuri selaku Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI seperti dilansir tempo.co pada Senin (10/10).

Asral menambahkan, alasan mengapa rencana itu dilakukan karena kebanyakan uang koin itu tidak teredarkan, bahkan sulit kembali lagi ke Bank. Tidak berputarnya uang koin membuat BI harus mencetak ulang, padahal umur uang koin lebih lama dibanding uang kertas.

Diharapkan, dengan adanya mesin deposito tersebut, uang koin bisa membantu perbankan dalam menarik uang koin.

“Ini juga bisa memperlancar sirkulasi uang, dan nantinya bank bisa mengambil uang dari tabungan masyarakat,” tuturnya.

Ia melanjutkan, penerapannya akan dilakukan secepatnya. Saat ini hal itu masih dalam kajian mendalam, tapi dipastikan bisa terealisasi, meskipun tidak dalam hitungan bulan.

“Sesegera mungkin mesin ini bisa didatangkan dan digunakan masyarakat,” pungkasnya.

Selain deposito uang koin yang diyakini memberi maslahat, Deposito BPR DBL juga tak kalah menguntungkan. Berbeda dengan perbankan lain, suku bunga Deposito BPR DBL termasuk paling tinggi, yaitu 8,75%. Dan pastinya aman karena telah dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Info lebih lanjut, Klik Deposito BPR.

Sumber: tempo.co

Leave a Response