Tips Jitu Agar Tabungan Tidak Cepat Habis

Ada peribahasa mengatakan “Hemat Pangkal Kaya.” Namun bagaimana jadinya kalau uang yang ditabung selalu cepat habis, apakah akan tetap kaya? Nah, kali ini ada Tips Jitu Agar Tabungan Tak Cepat Habis yang bisa anda terapkan agar impian menjadi kaya bisa segera terwujud.

Seperti dikutip dari Liputan6.com pada Rabu (26/10), berikut tipsnya:

  1. Seringlah membaca tips keuangan

Mungkin kamu pernah mendengar hal ini: bergaul di lingkungan yang buruk akan mempengaruhi Anda menjadi buruk, dan berlaku juga sebaliknya. Nah, agar pikiran Anda selalu positif dan jiwa semangat untuk menjaga tabungan tetap utuh, sering-seringlah membaca artikel inspiratif tentang keuangan, kesuksesan finansial, sekaligus juga tips berhemat.

  1. Tetapkan tujuan

Cobalah menulis di atas secarik kertas apa saja yang Anda impikan untuk dibeli dengan tabungan. Anda bisa membuat rencana dengan detail sesuai target. Apa saja barang yang akan Anda beli, atau tempat liburan yang ingin didatangi. Tempelkan kertas yang telah berisi rencana impian itu di dekat tempat menyimpan kartu debit tabungan atau buku tabungan. Dengan begini, kamu akan selalu teringat tujuan awal kamu ingin membuka rekening tabungan tersebut.

  1. Pisahkan rekening transaksi dengan tabungan

Ini merupakan dasar dari prinsip dasar pembentukan dana darurat. Jangan satukan dana darurat dengan rekening yang sama untuk digunakan dengan rekening sehari-hari. Kalau rekening sehari-hari Anda gendut maka akan lebih mudah tergoda untuk belanja karena ada efek psikologis bahwa Anda sedang memegang banyak uang.

  1. Pastikan kamu menjaga kesehatan

Jagalah kesehatan agar tidak mudah jatuh sakit. Semakin sering sakit, semakin tipis juga tabungan dan ada kemungkinan terpaksa harus menggunakan dana tabungan untuk melakukan pengobatan sampai benar-benar pulih. Selain menjaga tubuh agar tetap sehat, Anda bisa merencanakan membeli polis asuransi kesehatan. Jika tubuh Anda sehat maka bisa menjalankan berbagai tanggungjawab. Tentu saja Anda akan lebih rasional agar tetap mencapai target keuangan.

  1. Miliki visi

Pernah dengar prinsip YOLO (You Only Live Once – Kamu Hanya Hidup Sekali)? Banyak orang terutama anak muda yang salah kaprah mengartikan prinsip ini dengan hidup konsumtif dan memboroskan uang mereka untuk kegiatan yang merusak tubuh seperti sering minum alkohol atau merokok. Gaya hidup ini akan mudah menggoda kamu untuk menghabiskan dana tabungan untuk keperluan konsumtif.

Gunakan prinsip tersebut untuk menjadi apa yang kamu inginkan di hidup ini. Sebagai contoh, Anda ingin punya bisnis restoran sendiri dan tidak ingin bekerja kantoran lagi. Anda perlu jeli menangkap peluang dan berani memulai bisnis saat ada kesempatan, atau akan terus bekerja seumur hidup dan tidak akan pernah merasakan punya bisnis restoran sendiri. (Cari pinjaman modal bisnis, Klik Kredit Multiguna)

Sumber: Liputan6.com

Leave a Response