Tips Sukses Merencanakan Biaya Pernikahan

BPR DBL – Tips Sukses Merencanakan Biaya Pernikahan. Siapa yang ingin menikah? Tentu semua orang juga ingin menikah. Menikah memang sesuatu hal yang diimpikan oleh setiap pasangan, apalagi jika pernikahan Anda berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Tetapi, mempersiapkan pernikahan tanpa budget akan menimbulkan hutang karena kebutuhan yang tidak disangka. Maka dari itu, sangat penting bagi pasangan yang akan menikah untuk membuat perencanaan biaya dengan tanggung jawab untuk selalu mengikuti apa yang sudah direncanakan.

Sikap terbuka, jujur, saling berkomunikasi dan saling mengerti keinginan satu sama lain sangat penting jika Anda telah bertunangan. Sekedar informasi, tidak hanya wanita, tetapi pria pun memperhatikan detail-detail penting karena pernikahan juga merupakan hari yang besar dan spesial bagi pasangan Anda.

Baca juga: Aturan Keuangan untuk Pernikahan yang Bahagia

Bagaimana cara merencanakan biaya pernikahan? Mungkin tips dibawah ini dapat membantu Anda dan pasangan yang ingin menikah agar dapat memprediksi biaya pernikahan.

Tips Sukses Merencanakan Biaya Pernikahan

Persiapan Menjelang Pernikahan

Yang pertama adalah menabung dan menyisikan uang untuk keperluan pernikahan dan berhenti untuk menghabiskan uang untuk hal-hal atau benda-benda yang tidak penting. Mulailah persiapakan mental dan budget untuk pernikahan. Menabung dapat Anda lakukan di BPR DBL dengan bunga tinggi hingga 8%, lihat disini: Tabungan Bunga Tinggi.

Tabungan Pernikahan

Setelah itu, berkonsultasi atau menyewa jasa event organizer. Event organizer yang sudah banyak memiliki pengalaman di bidang upacara pernikahan dapat membantu Anda untuk memilih keperluan pernikahan dan mengatur anggaran untuk upacara pernikahan. Anda  dapat memilih berbagai macam paket atau tawaran yang disediakan. Biasanya sang event organizer akan menyediakan atau mencari keperluan untuk pernikahan yang sesuai dengan budget atau keinginan Anda.

Alternatif lainnya adalah dengan mengadakan pernikahan di balai desa atau rumah sang pengantin sendiri. Dengan demikian tidak harus mengeluarkan uang lebih untuk menyewa gedung, Ballroom  hotel atau  tempat-tempat lainnya yang menghabiskan banyak budget.

List Persiapan Pernikahan

Didalam Budget Pernikahan ini Anda bisa melihat beberapa tabel lainnya seperti :

  1. Table wedding planner mengenai tema dan schedule apa saja yang harus dilakukan pertama kali dalam persiapan pernikahan
  2. Table budget, tabel ini sangat membantu dalam melihat perkiraan berapa besar biaya yang diperlukan untuk melaksanakan pernikahan
  3. Tabel finance report, tabel ini digunakan supaya dapat melihat mutasi debit, kredit, dan update saldo dalam kondisi plus/minus. Tambahkan juga list mengenai perkiraan target uang masuk ke saldo beserta keterangannya.
  4. Tabel schedule pembayaran, tabel ini sangat membantu karena kita dapat melihat term pembayaran dan berapa besar kekurangan serta berapa besar pengeluaran setiap bulannya untuk pernikahan.
  5. Tabel konsumsi, apabila menggunakan jasa catering, mereka lebih mengerti berapa besar porsi yang harus disediakan. Tapi disarankan dalam menentukan jumlah makanan sebaiknya 2 s/d 3 kali lipat tamu yang diundang
  6. Tabel guest list, disini Anda dan pasangan yang menentukan siapa saja tamu yang akan diundang
  7. Tabel vendor
  8. Tabel list tanda tangan, list ini sangat membantu apabila kita menggunakan beberapa jasa salon sehingga lebih terkontrol segala sesuatunya. Jangan lupa untuk membuat sistem berisi nama orang-orang yang tercantum dalam daftar list.
  9. Tabel final check

Ingat, ketika Anda memberi budget lebih pada satu hal, jangan lupa untuk menghitung kembali total pengeluaran agar tetap seimbang. Membuat budget pernikahan merupakan hal yang sangat penting. Jangan sampai terlewat, ya!

Sumber: celotehwanita.com

Leave a Response