Berniat Pinjam Modal Usaha ke Bank? Ini Dia Tipsnya

BPR DBL – Berniat Pinjam Modal Usaha ke Bank? Ini Dia Tipsnya. Seperti kata pepatah “Banyak Jalan Menuju Roma”. Begitupun dengan Modal Usaha. Banyak cara untuk mendapatkannya. Termasuk diantaranya pinjam ke bank. Ya, pinjam ke bank menjadi salah satu solusi untuk kembangkan usaha anda. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu anda pahami dulu sebelum melakukannya, seperti:

Sudah ada usaha yang berjalan

Saat Anda akan mengajukan kredit untuk modal usaha ada baiknya Anda bersabar terlebih dahulu untuk mendapatkan modal usaha. Ini dikarenakan bank menerapkan syarat yang cukup ketat untuk pinjaman ini, minimal usaha yang akan Anda jadikan jaminan sudah berjalan selama minimal 6 bulan.

Laporan keuangan yang detail dan tercatat

Layak atau tidaknya sebuah usaha bisa menerima kredit modal usaha adalah laporan keuangan yang tercatat dalam laporan keuangannya. Inilah yang akan dijadikan bahan penilaian oleh bank sebelum mencairkan kredit modal usaha.

Anda memiliki riwayat kredit yang baik

Kalau Anda adalah nasabah debitur dan pernah memiliki kredit di bank lain, maka data data Anda akan tercatat di sistem Bank Indonesia yang disebut BI Checking atau Sistem Informasi Debitur. Inilah yang menjadi acuan semua bank dan lembaga keuangan lainnya untuk melihat kesehatan riwayat kredit calon nasabah debiturnya. Ini berarti kalau Anda pernah memiliki riwayat kredit macet dalam dua tahun terakhir, maka nama Anda dipastikan akan masuk dalam blacklist BI yang membuat permohonan Anda akan sangat kecil kemungkinannya untuk diterima.

Agunan

Ini adalah syarat utama supaya kredit modal usaha Anda diterima oleh pihak bank, Anda harus menyertakan agunan yang nilainya setara dengan jumlah pinjaman yang Anda ajukan. Biasanya kredit ini masuk ke dalam kredit multiguna (KMG) yang menyertakan jaminan/agunan.

Sejauh ini dalam pengajuan kredit, ada dua macam pembiayaan kredit yang ditawarkan oleh bank yang bisa Anda gunakan untuk pengajuan kredit modal usaha.

1.Kredit Multiguna (KMG)

Kredit ini adalah fasilitas yang bank berikan kepada Anda yang memiliki pendapatan tetap maupun tidak tetap. Dana yang cair dari Kredit Multiguna ini bisa Anda gunakan untuk banyak keperluan yang Anda perlukan, bahkan untuk keperluan konsumtif sekalipun, asalkan yang Anda lakukan tidak melanggar perundang undangan.

KMG ini membutuhkan agunan yang dijadikan syarat mutlak dalam pengajuan kreditnya. Agunan yang dimaksudkan disini adalah jaminan yang nyata, bisa berupa rumah, tanah, atau kendaraan yang memiliki nilai sama dengan jumlah pinjaman yang diminta. Seperti Kredit Multiguna BPR DBL.

Kredit Multiguna yang menyertakan agunan ini dikenal tidak cukup sulit dalam pengajuannya selama Anda memiliki syarat syarat komplit yang diminta oleh pihak bank. Beberapa kelebihannya antara lain adalah:

  • Cepat dan mudah dalam proses : Agunan yang Anda sertakan dalam pengajuan akan dirasa sangat memudahkan dalam pencairan dana. Apalagi kalau nilainya minimal setara atau malah dibawah nilai agunan. Pihak bank dan lembaga keuangan lainnya akan semakin mudah menaksir jumlah pinjaman debitur.
  • Panjangnya masa pinjaman (tenor) : Jangka waktu yang bisa dipilih adalah mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun, bahkan ada juga yang menyediakan jangka waktu pelunasan hingga lebih dari 10 tahun. Cukup masuk akal bagi Anda yang mencari keringanan pembayaran dengan jangka waktu yang panjang.
  • Limit kredit : Kredit Multiguna memiliki kredit hingga lebih dari 1 Milyar Rupiah, terlebih lagi kalau agunan yang diajukan nilainya setara dengan pinjaman yang diajukan.

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Multiguna (KMG) memang menawarkan kemudahan, tapi bagi Anda yang memang tidak mempunyai agunan untuk mengambil pinjaman modal usaha, maka Kredit Tanpa Agunan adalah jawaban Anda untuk mengatasi permasalahan ini. Tidak hanya untuk membantu permodalan usaha, namun dana yang cair dari Kredit Tanpa Agunan (KTA) ini dapat Anda gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial yang bisa Anda sesuaikan sendiri.

Mulai dari pendidikan, renovasi hingga pembiayaan kendaraan. Inilah yang kemudian menjadikan KTA memiliki keistimewaannya tersendiri dan kemudahannya tanpa menggunakan agunan seperti halnya Kredit Multiguna (KMG).

Sumber: Indopos.Co.Id

Leave a Response