Mau Sukses Kembangin Usaha? Ini Dia Tipsnya

Setiap wirausahawan pastinya pingin usahanya sukses, maju dan berkembang Namun yang menjadi pertanyaan adalah seberapa besar keinginannya itu untuk sukses, sebab ada yang hanya keinginan saja ingin sukses tapi kurang maksimal dalam tindakan.

Sukses itu didapatkan dengan jerih payah yang maksimal, bahkan ada yang sampai berlinang air mata karena mengupayakan sukses tersebut harus terwujud dan tidak boleh gagal.

Sebagai pelaku usaha, tentu tidak hanya menjual produk saja yang dilakukannya agar mendapatkan keuntungan. Diperlukan banyak strategi untuk mengembangkan usahanya tersebut agar tidak berjalan biasa-biasa saja. Mulai dari inovasi produk hingga strategi pemasaran yang tepat harus dipersiapkan dan diterapkan agar tahu sejauh mana respon pasar terhadap tindakan yang kita lakukan tersebut.

Berikut tips yang perlu anda terapkan agar usaha anda sukses dan berkembang.

1. Selalu Belajar
Walaupun terkesan sederhana, namun sesuai dengan pepatah mengatakan bahwa untuk belajar tidak ada batasan usia. Oleh karena itu walaupun pelaku usaha usianya sudah cukup dewasa, tetap harus belajar bagaimana mengembangkan usaha dengan cepat, hingga belajar bagaimana kegagalan yang dialami tidak sampai terjadi lagi.

Jangan merasa seperti gelas penuh yang sudah merasa cukup dengan ilmu yang dimilikinya. Ini dikarenakan belajar tidak hanya dapat memajukan usaha, namun juga bermanfaat dalam membentuk pola pikir yang lebih maju untuk menghadapi tantangan demi tantangan serta solusinya dalam usaha yang dilakukan.

2. Kerjasama
Dalam merintis usaha mungkin dapat dilakukan sendiri, namun apabila ingin usahanya lebih berkembang perlu dilakukan kerjasama. Kerjasama dapat dilakukan dengan berbagai merchant yang dapat membantu memasarkan produk nya dengan lebih luas. Sebagai contoh bekerjasama dengan toko yang sudah memiliki nama besar di pasar, sehingga akan menghemat biaya pemasaran, namun berpeluang meningkatkan omset dan keuntungan usaha.

3. Produk yang Dijual
Pelaku usaha harus selalu memperhatikan produk usaha yang dijual dari segi kualitas nya. Jika pelanggan sudah mengetahui kualitas dari produk yang dijual, maka peluang untuk mendapatkan pelanggan yang setia akan semakin besar. Kemudian sebaliknya pun dapat terjadi bila pelanggan sudah mengenal produk yang dijual kualitas nya kurang terlalu bagus, maka tidak akan kembali lagi untuk berbelanja. Kendalikan kualitas produk agar jangan sampai menurun, dan bila diperlukan untuk menjadi lebih beragam produknya dengan berbagai inovasi yang dapat dilakukan, sehingga pelanggan tidak bosan dengan produk yang dijual.

4. Selalu Ramah
Terkadang tanpa disadari kita sebagai pelaku usaha hanya ramah kepada nasabah yang merespon produk yang kita jual, namun jika pelanggan yang tidak merespon kita sedikit menggerutu. Seharusnya kepada calon pelanggan yang seperti apapun tetap harus ramah, karena kita tidak akan pernah tahu pelanggan akan membeli atau tidaknya, walaupun di awal pelanggan hanya melihat-lihat saja.

Ingat pembeli adalah raja, sehingga buat agar selalu nyaman dalam pelayanan yang diberikan sehingga pelanggan tetap merasa dihargai dan akan membeli produk kita. Faktanya ada yang membeli produk yang kita jual hanya karena pelayanan yang diberikan baik.

5. Sisi Harga
Harga produk yang dijual pun harus diperhatikan oleh para pelaku usaha. Buatlah agar harga yang diberikan sesuai dengan kualitas barang yang dijual. Nilainya tidak terlalu mahal dan jangan terkesan murahan juga, agar nasabah yang suka membandingkan dapat menilai sendiri kualitas produk yang dijual.

Ambil margin keuntungan yang tidak terlalu besar terlebih dulu, agar produk yang dijual mudah dikenal dan kemudian pelanggan akan kembali belanja kembali. Yang paling penting adalah bagaimana membuat keuntungan dari produk yang dijual stabil dan meningkat, walaupun nilai keuntungannya belum terlalu besar.
(Butuh tambahan modal usaha? Klik Kredit Multiguna)

Sumber: Suara.com

Leave a Response