Tips Keuangan Menyambut Kelahiran Bayi

Mempunyai anak tentu menjadi impian setiap pasangan. Kehadiran anak merupakan pelengkap dalam kehidupan rumah tangga. Untuk itu perlu persiapan khusus dalam menyambutnya, termasuk satu diantaranya masalah dana. Tidak hanya masalah biaya persalinan, biaya kontrol selama mengandung pun harus diperhitungkan.

Nah, berikut Tips Keuangan Menyambut Kelahiran Bayi seperti dikutip dari Vemale.com pada Rabu (12/10):

Cek Pengeluaran Rutin

Selama mengandung ada pengeluaran rutin, yaitu kontrol ke Dokter Kandungan. Siapkan dana ini hingga 9 bulan ke depan. Estimasi biaya pun sudah dapat disiapkan sejak kabar kehamilan diterima. Untuk pengeluaran rutin ini dapat menyisihkan dari pendapatan yang diterima setiap bulannya.

Menyiapkan Biaya Persalinan

Biaya persalinan merupakan biaya jangka pendek, anda dapat menyiapkan sejak awal dengan memperhitungkan akan melahirkan di mana. Pilihan rumah sakit pun menjadi perhitungan, jika biaya persalinan ditanggung asuransi maka hal ini akan lebih membantu, usahakan untuk memilih Rumah Sakit rekanan perusahaan asuransi yang anda miliki.

Dana Pendidikan dan Asuransi Kesehatan

Kedua dana ini memang penting disiapkan sejak kehamilan anak. Dana pendidikan dan asuransi kesehatan merupakan kebutuhan jangka panjang. Anda dapat memperhitungkan berapa tahun, si kecil membutuhkan dana tersebut. Untuk keperluan dana jangka panjang, anda dapat menyimpan uang dengan melakukan investasi. Pilih investasi yang tepat agar tidak memberatkan sekaligus minim risiko. Seperti Deposito BPR DBL yang aman dan menguntungkan dengan bunga 8,75%.

Penuhi semua kebutuhan jangka pendek si kecil, baru kemudian memikirkan kebutuhan jangka panjangnya. Untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, anda dapat memenuhinya dengan cara menabung. Sedangkan untuk kebutuhan jangka panjang, anda dapat melakukan investasi. Kerja sama yang baik antara istri dan suami sangat penting. Bicarakan hal ini sebaik mungkin, untuk menghindari salah paham. Nah bagaimana, sudah siap untuk menyambut kehadiran si Buah Hati?

Leave a Response