Tips Mengelola Keuangan Saat Liburan

Musim libur telah tiba. Pasti menyenangkan tentunya bisa berlibur bersama keluarga tercinta. Namun banyak hal yang perlu diperhatikan, agar liburan tidak terganggu dan pasca liburan kantong tidak betul-betul kosong. Perlu perencanaan secara matang. Seperti apa tips mengelola keuangan saat liburan? Berikut kami sajikan tipsnya, sebagaimana dikutip dari kompas.com.

  1. Susun rencana dan anggaran liburan jauh sebelum keberangkatan.

Untuk menghindari pengeluaran tak terduga ketika dalam perjalanan, rencanakan anggaran liburan dan lakukan identifikasi kegiatan dan pembelian yang menimbulkan alokasi dana yang besar, sehingga harga yang muncul tidak mengagetkan.

Menurut hasil riset Visa travel, para pelancong memerlukan waktu rata-rata 14 minggu untuk merencanakan liburan mereka. Tiga perempat dari responden juga mengatakan bahwa mereka lebih memilih untuk merencanakan dan memesan liburan secara online. Internet merupakan sumber yang sangat bermanfaat untuk mendapatkan informasi perjalanan dan mengecek cara-cara pembayaran yang tersedia di tempat tujuan liburan.

  1. Cek penawaran untuk tujuan liburan Anda.

Untuk merencanakan anggaran perjalanan dengan lebih lebih rinci, para pelancong perlu mengecek promo-promo lokal di (negara) tempat tujuan mereka, mulai dari tinggal di hotel gratis sampai dengan diskon di restoran-restoran. Dengan demikian, Anda dapat menikmati akses terhadap promo tersebut namun dengan biaya yang hemat.

  1. Hindari membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Semakin sedikit uang tunai yang dibawa semakin sedikit risikonya. Keamanan pribadi semakin meningkat dengan menggunakan metode-metode pembayaran elektronik Visa seperti kartu debit, kartu kredit, atau kartu pra-bayar (prepaid card).

Hampir satu dari dua orang responden (45 persen) mengatakan bahwa alasan utama memilih menggunakan kartu pembayaran elektronik daripada uang tunai atau cek perjalanan untuk transaksi di luar negeri adalah untuk memperkecil risiko. Hanya 4 persen dari para pelancong berpendapat bahwa membawa uang tunai itu aman. Jika uang tunai hilang atau dicuri, uang tersebut akan hilang untuk selamanya sedangkan kartu Visa dapat diganti dengan menelepon bank penerbit.

Pelancong yang mencari cara cermat untuk membayar akan merasa lebih nyaman mengetahui bahwa Visa diterima di jutaan lokasi merchant di dunia.

  1. Gunakan ATM untuk cara aman, nyaman, dan mudah ke anggaran.

Untuk menghindari membawa uang tunai dalam jumlah besar, dua per tiga (64 persen) dari responden memilih untuk mengambil uang tunai dari ATM di daerah tujuan mereka. Terdapat lebih dari 1,6 juta ATM berlogo Visa di dunia, termasuk bandara-bandara utama, menjadikan lebih mudah dan nyaman untuk mengakses anggaran. Pemegang kartu dapat mencari ATM berlogo Visa atau PLUS untuk memastikan bahwa kartu pembayaran internasional diterima.

  1. Simpan rincian kartu yang penting dan nomor telepon darurat di tempat yang aman dan mudah dibawa.

Apabila terjadi hal yang tidak diharapkan, para pelancong bisa menelepon Visa Global Customer Assistance Service (GCAS) untuk membatalkan kartu-kartu dan mengurus pergantiannya dengan cepat. Sebuah kartu pembayaran Visa juga memberikan proteksi  bebas tanggung jawab (zero liability) terhadap pembelian-pembelian yang tidak sah (unauthorized). Hal ini lebih menguntungkan jika dibanding menggunakan cek perjalanan atau uang tunai.

Ketika kembali dari liburan, periksa laporan pembayaran kartu dan segera menghubungi bank penerbit jika ada biaya-biaya yang tidak benar atau mencurigakan.

Itulah tips cermat mengelola keuangan saat liburan. Ada tips lg nih yang tak kalah penting, yaitu menabung. Menabung menjadi salah satu cara mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. PT Danaberkah Lestari (BPR DBL) sebagai lembaga keuangan perbankan menjadi solusi anda untuk menabung. Mengapa menabung di BPR DBL? Suku bunga tabungan BPR DBL pada umumnya lebih tinggi, Tabungan BPR DBL tidak memungut biaya administrasi, Tabungan di BPR DBL dapat digunakan sebagai jaminan kredit dan masih banyak keunggulan lainnya. Untuk lebih jelas mengenai Tabungan BPR DBL dapat dilihat disini.

Leave a Response